Kesalahan Umum Memilih Jasa SEO di Bali

Istilah Search Engine Optimization (SEO) pasti sudah tidak asing lagi bagi Anda. Di era digital seperti sekarang, optimasi SEO sangat dibutuhkan agar bisnis dapat berkembang. Sayangnya, mempelajari SEO butuh waktu yang tidak singkat, sehingga banyak pemilik bisnis mempercayakan situsnya ke jasa SEO di Bali.

Dengan menggunakan jasa SEO, makin besar peluang situs Anda menempati posisi pertama di halaman pencarian. Jika konten yang diunggah berkualitas tinggi, bukan tidak mungkin situs Anda dijadikan rujukan utama oleh Google untuk niche tertentu. Melihat besarnya manfaat tersebut, Anda harus lebih selektif dalam memilih jasa SEO untuk website.

Berikut 6 kesalahan umum dalam memilih jasa SEO Bali yang membuat perusahaan gagal berkembang. Catat poin-poin pentingnya, ya!

  1. Tidak Paham Tujuan dan Hasil yang Diinginkan Dari Bisnis Anda

Jangan fomo dalam memilih jasa SEO. Anda harus benar-benar paham apa tujuan dan hasil yang diinginkan. Karena tiap-tiap situs pasti memiliki kebutuhan yang berbeda-beda dalam optimasi SEO.

Ada situs yang membutuhkan link building, e-commerce SEO, dan ada pula yang membutuhkan optimasi konten SEO untuk keperluan digital marketing. Makin detail Anda memahami tujuan dan hasil yang ingin dicapai, maka semakin mudah menentukan pilihan.

BACA JUGA: Berbagai Kelebihan Jasa Iklan Google Ads Untuk Memajukan Bisnis 

Sebagai informasi, ada 4 jenis SEO yang perlu Anda pahami jika ingin menguasai pasar online, di antaranya adalah:

  • SEO On Page

SEO On Page cocok untuk optimalisasi konten website. Strategi SEO On Page terdiri dari riset keyword yang relevan dengan niche dan tema artikel, internal link, dan membuat konten marketing. Selain itu, pembuatan sub-header yang mengandung keyword juga termasuk dalam SEO On Page.

  • SEO Off Page

Cara kerja SEO Off Page adalah mengoptimalkan elemen yang tidak terdapat pada situs Anda. Salah satu contohnya adalah membuat link building untuk mengarahkan pengguna internet ke website Anda. Makin banyak link dari website lain yang mengarah ke situs Anda, maka semakin besar peluang untuk menempati posisi teratas di Google.

Strategi SEO Off Page juga bisa dilakukan dengan social sharing. Yaitu membagikan link website Anda ke sosial media untuk meningkatkan jumlah kunjungan.

  • Technical SEO

Jenis SEO di Bali yang selanjutnya adalah technical SEO. Technical SEO tidak hanya membantu meningkatkan peringkat situs, tetapi juga meningkatkan pengalaman pengguna.

Ada dua elemen yang dioptimalkan dalam technical SEO, yaitu crawling dan indexing. Crawling memungkinkan Google mengenali situs Anda melalui artikel, gambar, hingga link yang ada di website. Sementara indexing adalah tahapan search engine memproses informasi yang ditemukan dari proses crawling.

  • Local SEO

Cara kerja local SEO cukup menarik, karena strategi ini merupakan teknik digital marketing yang membantu sebuah situs agar lebih dikenal di komunitas daerah tertentu. Local SEO kerap digunakan pada situs rumah sakit, restoran, sekolah, hingga tempat-tempat umum di sekitar lokasi Anda.

  1. Tidak Melakukan Riset Secara Mendalam

Kesalahan kedua dalam memilih jasa SEO adalah tidak melakukan riset secara mendalam. Saat ini ada banyak perusahaan yang menawarkan jasa SEO dengan layanan dan harga bervariatif. Hal ini jadi tantangan tersendiri bagi pelaku bisnis yang ingin mengoptimalkan situs mereka tanpa perlu repot-repot mengurusnya sendiri.

Namun, menjamurnya jasa SEO juga jadi tantangan tersendiri. Salah memilih perusahaan SEO bisa berdampak fatal pada bisnis Anda. Alih-alih berkembang, strategi SEO yang tidak tepat akan membuat website Anda mengalami penurunan. Akibatnya, Anda akan kalah dari kompetitor dalam menguasai pasar online. 

Oleh karenanya, pastikan Anda melakukan riset terlebih dahulu sebelum menentukan pilihan jasa SEO Bali. Cari tahu reputasi dan pengalaman perusahaan tersebut dalam mengenai SEO website. Bila perlu, buatlah daftar perusahaan SEO di kota Anda dan lakukan perbandingan antara satu dengan yang lainnya.

  1. Tergiur Tarif Murah dari Jasa SEO

Siapa sih yang tidak tergiur dengan promo? Harga yang lebih murah dari kompetitor dianggap mampu menghemat anggaran perusahaan. Padahal, anggapan ini tidak sepenuhnya betul, apalagi dalam memilih perusahaan SEO.

Tarif jasa SEO Agency Bali cukup bervariatif, tergantung tingkat kesulitan dan performa website Anda. Makin tinggi tingkat kesulitannya, maka tarif SEO akan lebih mahal. Sebab itu, Anda wajib mencari tahu tarif standar jasa SEO di Indonesia.

Ketika mendapati jasa SEO yang menawarkan tarif terlalu murah, Anda patut waspada. Tanyakan apa saja layanan yang akan diperoleh dengan harga super murah tersebut. Jika perusahaan SEO dirasa kurang transparan perihal rincian harga dan layanan, sebaiknya carilah jasa lain yang lebih profesional agar tidak jadi korban penipuan.

  1. Tidak Mencari Tahu Pengalaman Jasa SEO

SEO bukanlah sesuatu yang bisa dipelajari dalam waktu semalam. Dibutuhkan pengalaman dan jam terbang tinggi untuk jadi expert di bidang tersebut. Terlebih, algoritma search engine selalu mengalami perubahan dari tahun ke tahun.

Ahli SEO perlu meng-update pemahaman mereka agar strategi yang diterapkan terbaca oleh algoritma terbaru. Jika tidak, situs Anda akan sulit survive di tengah persaingan yang kian ketat.

Oleh karenanya, penting untuk mengetahui pengalaman dari jasa SEO di Bali yang akan Anda pilih. Semakin berpengalaman sebuah perusahaan SEO, maka semakin ahli dalam mengatasi permasalahan SEO website.

  1. Tidak Melakukan Verifikasi Keaslian Website

Mencari jasa SEO secara online memang lebih praktis. Anda bisa menemukan perusahaan SEO terbaik tanpa harus meninggalkan kesibukan utama. Sayangnya, tidak sedikit pelaku bisnis yang jadi korban penipuan karena gegabah dalam meneken kontrak kerja sama dengan perusahaan yang ditemuinya di internet.

Hal ini dapat diantisipasi dengan melakukan verifikasi keaslian website. Salah satunya menggunakan situs WHOIS. Melalui situs ini, Anda bisa mengetahui informasi pemilik situs, info kontak, hingga registrasi domain. Fungsi utamanya adalah untuk mengecek apakah situs jasa SEO asli atau terdeteksi scam. 

Google juga memiliki fitur serupa untuk mengecek website penipuan, yaitu Google Transparency Report. Jika suatu website terindikasi pernah melakukan pelanggaran keamanan atau aktivitas penipuan, maka datanya akan dilaporkan secara transparan di situs ini.

  1. Tidak Memahami Kontrak Kerja

Selain mengecek keaslian akun, kesalahan lain yang kerap terjadi saat mencari jasa SEO di Bali adalah tidak memahami kontrak kerja. Akibatnya, salah satu pihak merasa dibohongi jika ada poin-poin yang kurang menguntungkan.

Untuk menghindari kesalahpahaman dengan jasa SEO, sebaiknya periksa kontrak kerja secara detail sebelum tanda tangan dokumen perjanjian. Pastikan bahwa kontrak kerja memuat hal-hal penting seperti jaminan keamanan website dan garansi.

Jika tidak ada garansi dari pihak perusahaan SEO, Anda perlu berpikir ulang untuk menjalin kerja sama.

Untuk optimasi SEO, percayakan pada CV Exito Bali yang terbukti berpengalaman serta memberikan garansi kepuasan. Kenalkan bisnis Anda dan tempati peringkat pertama di mesin pencarian bersama tim kami.

author avatar
Exito Bali
× Fast Response?